Pelajaran 2-Belajar HTML


  • Pelajaran ini akan memberi Anda presentasi singkat tentang teman baru Anda, HTML.
Apa Itu HTML.?

HTML adalah "bahasa ibu" dari peramban Anda.


Untuk membuat cerita panjang pendek, HTML diciptakan pada tahun 1990 oleh seorang ilmuwan bernama Tim Berners-Lee. Tujuannya adalah mempermudah para ilmuwan di berbagai universitas untuk mendapatkan akses ke dokumen penelitian masing-masing. Proyek ini menjadi sukses yang lebih besar daripada yang pernah dibayangkan Tim Berners-Lee. Dengan menciptakan HTML ia meletakkan fondasi untuk web seperti yang kita kenal sekarang.

HTML adalah bahasa, yang memungkinkan untuk menyajikan informasi (misalnya penelitian ilmiah) di Internet. Apa yang Anda lihat ketika Anda melihat halaman di Internet adalah interpretasi browser Anda tentang HTML. Untuk melihat kode HTML suatu halaman di Internet, cukup klik "Lihat" di menu bagian atas browser Anda dan pilih "Sumber".

Untuk mata yang tidak terlatih, kode HTML terlihat rumit tetapi tutorial ini akan membantu Anda memahami semuanya.

Apa Yang Bisa Saya Gunakan Untuk HTML.?

Jika Anda ingin membuat situs web, tidak ada jalan lain di sekitar HTML. Bahkan jika Anda menggunakan program untuk membuat situs web, seperti Dreamweaver, pengetahuan dasar tentang HTML dapat membuat hidup jauh lebih sederhana dan situs web Anda jauh lebih baik. Kabar baiknya adalah HTML itu mudah dipelajari dan digunakan. Hanya dalam dua pelajaran dari sekarang Anda akan belajar bagaimana membuat situs web pertama Anda.

HTML digunakan untuk membuat situs web. Ini sesederhana itu!

Ok, Tapi Untuk Apa HTML itu.?

HTML adalah singkatan dari "HyperText Mark-up Language" - yang sudah lebih dari yang perlu Anda ketahui pada tahap ini. Namun, demi ketertiban yang baik, mari kita jelaskan secara lebih rinci.
  • Hyper adalah kebalikan dari linear. Di masa lalu yang baik - ketika seekor tikus adalah kucing yang dikejar - program komputer berjalan secara linier: ketika program itu telah melakukan satu tindakan, ia menuju ke baris berikutnya dan setelah itu, baris berikutnya dan seterusnya. Tetapi HTML berbeda - Anda dapat pergi ke mana pun Anda mau dan kapan pun Anda mau. Misalnya, tidak perlu mengunjungi MSN.com sebelum Anda mengunjungi HTML.net.
  • Teks sudah cukup jelas.
  • Mark-up adalah apa yang Anda lakukan dengan teks. Anda menandai teks dengan cara yang sama dengan yang Anda lakukan dalam program pengeditan teks dengan judul, bullet dan teks tebal dan sebagainya.
  • Bahasa adalah apa itu HTML. Ini menggunakan banyak kata bahasa Inggris.
Dalam tutorial ini Anda akan belajar apa yang disebut XHTML (Extensible HyperText Mark-up Language) yang, singkatnya, adalah cara penulisan HTML yang baru dan lebih terstruktur dengan baik.

Sekarang Anda tahu apa yang HTML (dan XHTML) singkatan mari kita mulai dengan apa itu semua tentang: membuat situs web.

=> Klik Untuk Lanjut Membaca <=